news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

5 List Kebutuhan Saat Memilih Kantor untuk Startup Anda

Monday, 25 July 2016

Sebuah startup tentu membutuhkan banyak hal untuk mendukung rencana dan proses kerja awal mereka. Salah satu yang pasti dibutuhkan adalah sebuah kantor atau tempat untuk menghasilkan ide dan mewujudkannya dalam sebuah produk yang akan dijual nantinya. Sebuah startup manapun tentu akan membutuhkan tempat untuk mereka menghasilkan karya, sekalipun itu sebuah rumah pribadi atau hanya di dalam kamar pribadi, namun itu menjadi sebuah kantor. Namun disini kita akan membahas apa saja kebutuhan saat sebuah startup hendak memilih sebuah kantor bagi bisnis mereka.

1. Waktu

Membangun sebuah startup bukan hanya masalah siapa dan bagaimana, tapi kita juga perlu memperhatikan waktu kita saat memulai mendirikan sebuah startup. Terlebih ketika kita suah mulai berfikir untuk mendirikan atau menggunakan kantor pribadi untuk startup itu. Kita harus memastikan apakah kantor yang akan kita gunakan membutuhkan waktu lama untuk kita tempati. Dalam arti kata, apakah kita harus membeli atau bisa menyewa sebuah kantor terlebih dahulu. Untuk sebuah perusahaan kecil, kemungkinan Anda hanya akan membutuhkan kurang lebih 10 karyawan diawal, tapi ini tidak menutup kemungkinan jika 6 bulan kemudian, karyawan Anda telah bertambah menjadi 60 orang. Ini membuat Anda harus menandatangani sewa dengan jangka waktu yang lebih lama lagi.

2. Layout

Layout menjadi suatu pengaruh besar bagi sebuah perusahaan baru. Ini dirasakan terlebih bagi Anda yang mendirikan sebuah startup teknologi atau industri kreatif. Anda harus mampu membuat atau mendesain sebuah ruangan yang mampu menumbuhkan semangat dan meningkatkan kinerja karyawan Anda. Layout berupa tata letak ruang yang Anda pilih akan memberikan dukungan tersendiri bagi karyawan Anda. Karena ketika mereka merasa nyaman dan suka dengan layout yang Anda berikan, maka inspirasi dan ide – ide kreatif akan muncul mendukung kinerja mereka. Pastikan kenyamanan dan kemudahan karyawan Anda untuk bergerak dan menemukan ide kreatifnya.

3. Fasilitas

Jika ingin karyawan Anda memberikan apa yang Anda inginkan dalam hal hasil kerja dan keuntungan startup Anda, cobalah untuk memberikan mereka terlebih dahulu. Tidak ada salahnya ketika kita ingin memenuhi setiap kebutuhan karyawan dengan baik, salah satunya yaitu berupa pemenuhan terhadap fasilitas kantor kita. Fasilitas kantor yang baik dan lengkap tentu akan mendukung kinerja dan semangat bagi karyawan kita. Adapun fasilitas pokok yang harus kita penuhi adalah Fasilitas seperti ruang meeting, dapur, tempat ibadah, ruang santai, toilet, dan fasilitas pendukung lainnya.

4. Harga

Untuk sebuah bsinsi startup tentu harga saat menyewa atau membeli sebuah kantor akan sangat diperhatikan. Ini berhubungan dengan status startup tersebut yang masih baru. Dan tidak jarang dana menjadi salah satu permasalahan saat hendak membangun sebuah bisnis. Untuk itu, perencanaan ketika hendak membangun sebuah startup haruslah kita perhatikan, termasuk masalah mencari kantor yang tepat untuk startup kita. Jangan lupakan tentang biaya tambahan untuk kebutuhan kantor startup Anda.

5. Lokasi

Ini juga menjadi list kebutuhan Anda saat hendak mencari sebuah kantor bagi bisnis kecil Anda. Lokasi kantor akan menentukan sebuah bisnis dapat berkembang atau tidak. Memang benar, terkadang lokasi yang kita inginkan seperti strategis, mudah dijangkau, dekat dengan keramaian, dan juga murah itu tentu sulit didapatkan dalam satu paket. Namun kita harus tahu dan pintar – pintar memilih dan memanfaatkan lokasi kantor yang kita pilih. Pastikan kantor kita juga mudah dijangkau oleh karyawan. Kita juga harus memberikan mereka kemudahan untuk bisa sampai dan bekerja pada startup kita. Jadi sebaiknya kita bijak dalam memilih dan menentukan lokasi dari kantor kita nantinya.

 

Back