news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

5 Penyebab Web Lemot

Tuesday, 13 February 2018

5 Penyebab Web Lemot

 

Karena website yang lemot, banyak sekali yang akan terganggu dari kerjaan Anda, mulai dari produktifitas, pemasukan bahkan kesuksesan yang tak kunjung datang. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin terlalu mempercayakan website Anda kepada developer, begitu juga sebaliknya, developer kadang tidak memikirkan perkembangan bisnis kliennya selama pemilik bisnis tidak melakukan komplain. Maka dari itu, diperlukan penanganan dan penelitian penyebab kenapa website Anda lemot! Beberapa penilaian website yang dikatakn cepat dan lemot mempunyai kriteria seperti berikut:

  1. Dibawah 1 detik = Perfect

  2. 1-3 detik = above average

  3. 3-7 detik = average

  4. 7 detik keatas = very poor

Mari tes website atau blog yang Anda miliki terlebih dahulu, berapa kecepatan yang dibutuhkan untuk mengakses website Anda secara penuh. Bila terdeteksi Very poor, maka penyebab web lemot Anda ada beberapa alasan, beberapa penyebabnya antara lain:


 

1. Server Lemah

Kualitas server adalah salah satu yang membuat jengkel banyak developer dan pemilik bisnis, dan merupakan penyebab web lemot yang sulit di maintenance. Kita sudah terlanjur membayar dengan nominal rupiah yang mahal untuk berlangganan hosting pada penyedia selama hitungan tahun, namun kita mendapat pelayanan server hosting lemah, rasanya kita akan terjebak selama satu tahun dalam kelemotan. Beberapa yang perlu diperhatikan saat memilih penyedia hosting adalah, spesifikasi RAM dan Prosesor yang digunakan oleh penyedia hosting. Bila penyedia hosting menggunakan RAM dan prosesor dengan spesifikasi rendah, kemungkinan itu akan menyadi penyebab web lemot.


 

2. Share Hosting Terlalu Full

Saat berlangganan hosting, Anda akan mendapat layanan berbagi tempat server dengan beberapa website yang juga berlangganan pada penyedia hosting Anda. Bila penyedia hosting Anda ‘bengis’ memaksakan Anda untuk berada di server yang mempunyai penghuni website-website dengan trafic yang cukup ramai bisa dipastikan itu penyebab web lemot saat diakses! Ibaratnya sebuah ruko satu lantai adalah sebuah server, dan lapak adalah website. Bila dalam satu ruko banyak lapak yang berjualan disana, tentu saja pengunjung akan berdesakan dan mengganggu transaksi Anda! Tidak menutup kemungkinan server hosting bisa down dan website Anda tidak bisa diakses sama sekali! Maka dari itu, perhatikan kapasitas bisnis pada website Anda dahulu sebelum memilik sever hosting. Pilihlah server hosting yang mempunyai kapasitas besar dan mampu menampung pngunjung website Anda yang banyak tanpa terganggu website lain! Bagaimana sudah terbayang penyebab web lemot Anda?


 

3. Lokasi Server Hosting

Jarak dari lokasi tempat penyedia hosting Anda juga mempengaruhi kecepatan website Anda untuk di akses. Seperti bila Anda berlangganan pada penyedia hosting yang ada di Amerika, tentunya kecepatan aksesnya akan lebih cepat bila Anda berlangganan hosting di Singapura, lebih-lebih akan semakin maksimal bila Anda menggunakan server yang berada di Indonesia! Maka dari itu Beoners, sebaiknya pilih server dari indonesia, namun tidak luput untuk memperhatikan spesifikasi perangkat yang digunakan oleh penyedia layanan seperti pada poin 1. Tetap memilih server lokal namun tetap memperhatikan kualitas adalah solusi sikap saat akan memilih hosting. Jangan ragu untuk mempertanyakan fitur apa saja yang disediakan oleh penyedia hosting saat Anda akan berlangganan disanan.

 

4. Kesibukan Server Hosting

Dalam satu server, terdapat banyak website yang menggunakan server yang sama. Tentu saja kegiatan website mereka beraneka ragam. Ada yang cuma company profile, ada blogger bahkan ada juga E-commerce yang berada dalam satu server. Bila terdapat banyak website sibuk didalam satu server, tidak dipungkiri lagi Beoners itu adalah penyebab web lemot! Perbandingan dari kesibukan website lain dalam server yang sama sangat berpengaruh pada website Anda. Seandainya anda harus berbagi server dengan sebuah portal berita, dan saat itu ada berita yang sangat ramai dibaca pengunjung, webisite Anda bisa menjadi lemot dan tidak mendapat keuntungan apa-apa dari website portal berita tadi. Rugi sekali kan Beoners? Solusinya bila Anda membutkan kapasitas yang besar dan berencana mempunyai kesibukan di dalam website Anda, carilah penyedia hosting dengan kapasitas server yang besar bahkan kalau bisa satu server untuk website Anda saja. Hal seperti itu penting demi kelangsungan bisnis Anda Beoners.


 

5. Koneksi Anda

Bila Anda berniat kuat untuk memulai usaha berbasis online, sebaiknya memilih penyedia jaringan Internet yang bagus. Server sudah dibagi-bagi dan punya banyak persoalan yang menghalang kecepatan akses, ditambah dengan koneksi internet Anda yang lemah, dipastikan akan memancing emosi Anda Beoners. Mutlak sekali, saat memilih penyedia internet Anda harus menghitung kecpatan internet, dan yang penting juga kecepatan Download dan juga Upload. Kecepatan Upload juga perlu diperhitungkan karena untuk pengelola website kegiatan upload bisa dibilang sangat sering sekali, dan pastinya tidak ingin ada gangguan koneksi saat Upload. Contoh bila Anda memuat sebuah gambar untuk artikel di blog Anda, bila koneksi lemot biasanya sering terjadi gambar tidak dapat dimuat saat di tengah-tengah proses upload. Penyebab web lemot yang satu ini juga tidak dapat disepelekan karena terkait masalah pemilihan penyedia jaringan internet.


 

Setelah Anda melakukan pengujian dan analisa website Anda, dimanakah titik persoalan website Anda lemot Beoners? Jangan sampai semua Anda alamai dan menjadi beban Anda! Mulailah memilih server hosting yang baik untuk Anda. Sukses selalau untuk Anda Beoners.

Back