news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

6 Jenis Email Marketing yang Dapat Digunakan untuk Bisnis Anda

Tuesday, 28 June 2016

Berikut ini adalah 6 jenis email marketing yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda gunakan dalam bisnis:

1. Newsletter

Mengirim sebuah email marketing kepada pelanggan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki. Salah satu bentuk email marketing yang biasa digunakan adalah newsletter. Namun sebelum Anda menggunakan newsletter untuk email marketing Anda, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan Anda mengirim email tersebut. Karena sesungguhnya didalam email jenis ini ada 3 keunggulan yang perlu kita ketahui, yaitu pertama, dengan isi yang informatif akan membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Yang kedua, Anda bisa membuat orang mengunjungi website atau blog toko online Anda dari link yang tertera pada newsletter yang Anda buat. Dan yang ketiga, dengan newsletter, Anda bisa memberikan infomrasi terbaru mengenai bisnis yang Anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan sebagainya. Namun dibalik kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah email newsletter, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya agar sesuai dengan tujuan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak yang menyediakan berbagai macam template newsletter yang siap untuk Anda gunakan.

2. Digest Email

Digest Email merupakan email marketing yang otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini kita juga bisa menentukan periode email tersebut digunakan, misalnya hari, minggu, bulan, dan lain sebagainya. Atau email ini bisa juga membatasi penerima, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

Toko online yang Anda miliki tentu saja memiliki banyak data produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Email jenis ini sangat cocok Anda gunakan untuk sebuah pertunjukan atau kontes. Dengan email ini juga, Anda dapat menerima dan mengikuti segala kontes yang ada. Anda juga dapat menggunakannya ketika toko online Anda sedang mengadakan sebuah kontes. Karena, ketika Anda sedang bergabung di salah satu kontes yang diselenggarakan, setiap minggu kontes tersebut akan secara berkala mengirimkan email tentang kontes yang sedang berjalan. Begitu juga dengan kontes yang Anda buat, email tersebut akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua pelanggan Anda yang mengikuti kontes tersebut.

3. Email Khusus

Jenis email marketing memang bermacam – macam, salah satunya yaitu email yang Anda buat sendiri. Maksudnya adalah email ini berdiri sendiri dan hanya mengandung satu informasi tertentu, dan biasanya menggunakan alamat email yang berbeda. Anda bisa mengirim sebuah email marketing dengan menggunakan alamat email pribadi Anda sendiri. Salah satu isi yang biasanya ada didalam email ini adalah undangan untuk bergabung di suatu grup, komunitas atau lain sebagainya. Keunggulan email jenis ini, yang pertama adalah Anda bisa mengirimkan email lebih banyak dari email marketing yang biasanya Anda gunakan. Yang kedua, Anda bisa dengan mudah mengukur hasil dari email marketing yang Anda buat. Dan kelemahan yang akan ditemui adalah tidak ada jadwal yang teratur dan juga perbedaan alamat email membuat orang enggak untuk membukan email tersebut.

4. Email Follow-up

Email ini merupakan serangkaian email yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan email jenis ini, sangat dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya terdapat informasi yang pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di segmentasi bisa membuat pelanggan Anda lari.

5. Email Sponsorship

Email sponsorship bisa Anda coba ketika Anda ingin mulai menjangkau masyarakat luas yang sama sekali baru dan Anda ingin mendapatkan calon pelanggan baru. untuk menggunakan email sponsorship, Anda perlu membayar agar email Anda bisa dimasukan kedalam salinan dalam newsletter vendor lain. Anda bisa memilih untuk mengikuti vendor mana yang bisa dipastikan memiliki banyak pelanggan yang potensial dan sangat berpengaruh pada bisnis Anda nantinya. Dengan email ini Anda bisa lebih spesifik menentukan segmen yang ingin Anda jangkau. Dan kelemahannya adalah Anda harus membayar ketika Anda memilih email ini untuk email marketing Anda.

6. Email Traksaksional

Email jenis ini merupakan sebuah pesan yang muncul karena dipicu oleh suatu tindakan tertentu yang telah diambil, yang memungkinkan mereka menyelesaikan tindakan itu, contohnya yaitu sebuah transaksi. Ketika Anda mencoba untuk melakukan transaksi pada sebuah toko online, Anda akan menerima sebuah email yang berisi rincian belanja Anda, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login Anda sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungannya yaitu dapat meningkatkan jumlah pageview.

Back