news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

6 Kebutuhan Penting Sebuah Startup

Wednesday, 20 July 2016

1. Customer

Sebagai sebuah startup hal yang paling penting dalam proses pemasaran adalah customer. Sebenarna ini berlaku bagi semua jenis bisnis. Customer menjadi nyawa bagi jalannya sebuah bisnis dan perusahaan. Tidak ada bisnis yang bisa sukses menjual apa yang mereka hasilkan, ketika mereka tidak memiliki customer. Customer didapatkan dari proses promosi atau pengenalan kepada masyarakat. Siapa yang akan menjadi pelanggan atau hanya menjadi calon pelanggan, itu adalah jawaban dari usaha promosi yang dilakukan. Startup tidak akan bisa bertahan saat ia tidak memiliki customer yang dituju.

2. Product

Berbisnis tanpa menghasilkan sesuatu tentu tidak ada artinya. Produk adalah sesuatu yang akan dihasilkan oleh sebuah bisnis yang kemudian akan dijual ke pasaran. Untuk sebuah startup kebutuhan akan sebuah produk tentu sangat besar. Bagaimana tidak, mana bisa sebuah startup berjualan tanpa memiliki sebuah produk yang ia hasilkan. Saat produk saja tidak bisa dihasilkan, maka bagaimana dengan customer? Itu tentu akan sulit untuk kita dapatkan. Untuk menghasilkan sebuah produk bagi startup, ada banyak yang harus dipelajari. Mulai dari ingin membuat apa, untuk siapa. dijual berapa, dan lain sebagainya.

3. Timing

Ketika kita ingin membangun sebuah bisnis atau startup, yang kita pasti butuhkan adalah waktu. Waktu menjadi bagian terpenting saat kita melakukan sebuah proses untuk menghasilkan product, mendapatkan customer dan mencapai sebuah keuntungan. Kita membutuhkan waktu untuk membuat sebuah perencanaan bisnis, mengatur sebuah organisasi dalam perusahaan, memproduksi sebuah karya, menjual produk yang dihasilkan, hingga mendapatkan keuntungan. Waktu memang menjadi bagian terpenting saat kita juga sedang belajar untuk memulai semua dari nol.

4. Competition

Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya sebuah kompetisi. Kompetisi memang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis atau startup. Kita tidak akan bisa belajar, berkaca dan mengasah kemampuan kita, saat kita tidak melakukan sebuah kompetisi dengan orang lain. Kompetisi jugalah yang mengajak kita untuk bersemangat dalam menghasilkan sesuatu. Startup akan suskes jika ia mampu berkompetisi dengan pemilik startup lainnya dan juga berkompetisi dengan dirinya sendiri.

5. Finance

Apalagi yang paling dibutuhkan oleh semua bisnis selain masalah finance. Sebuah startup juga pastinya sangat memikirkan bagaimana dengan kebutuhan yang satu ini. Dari mana mereka memulai, dengan apa dan bagaimana. Sebenarnya ini bukan hal yang sulit. Untuk sebuah startup cobalah untuk mencari investor yang akan membantu Anda dalam memproduksi ide – ide yang Anda miliki. Tapi lebih dari itu, sebenarnya sebuah startup bukan hanya masalah invest saja. Startup lebih pada bagaimana kita mampu menerapkan dan mewujudkan ide – ide kita menjadi nyata. Untuk masalah finance ini sendiri, ada banyak cara kita untuk mendapatkannya, salah satunya yaitu dengan meminjam modal. Dengan rasa tanggungjawab yang kita miliki, maka apa yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar.

6. Team

Yang terakhir adalah sebuah team. Bisnis startup tidak akan bisa berdiri saat hanya ada satu orang didalamnya. Anda harus tahu bagaimana pentingnya sebuah kolaborasi dan kerjasama tim untuk dapat membentuk sebuah startup yang hebat. Anda tidak bias bekerja sendiri menciptakan sebuah perusahaan dengan keahlian yang terbatas. Bisa saja memang Anda memiliki keahlian terhadap satu bidang, seperti pemrograman. Dan Anda berencana mendirikan sebuah startup yang berhubungan dengan bisnis digital atau aplikasi. Tapi apakah itu bisa berhasil saat Anda tidak ahli dalam menjual dan membutuhkan orang lain untuk menjualnya. Ini arti penting sebuah tim. Sebuah bisnis, terutama startup tidak bisa berdiri hanya dengan satu kekuatan yang belum tentu bisa menguasai semuanya.

Back