news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

7 Tips Membuat Email Marketing Anda Lebih Mobile Friendly

Tuesday, 28 June 2016

1. Dapatkan kepercayaan dari nama

Ketika pemilik ponsel atau smartphone menerima notifikasi email pada layar mereka, itu tidak membuat mereka langsung membuka dan membacanya. Ada kalanya mereka hanya melihat sekilas, dan jika dirasa tidak penting, maka akan langsung ditutup. Tentu Anda tidak ingin bukan email marketing Anda menjadi salah satu yang diabaikan. Untuk itu pertama yang harus Anda perhatikan adanya penggunaan nama yang memang dikenal oleh mereka. Saat Anda ingin mengirimkan email kepada pelanggan Anda, tentu mereka sedikit banyak tahu apa email Anda atau email bisnis Anda. Dari sini Anda bisa menggunakan email yang dikenal oleh mereka untuk mengirimkan email marketing. Mereka akan lebih percaya ketika email yang mereka terima berasal dari orang yang mereka kenal.

2. Perhatikan tentang subject email

Selain nama dari pengirim email, pelanggan Anda akan tertarik untuk membacanya dari subject email yang ada. Bagaimana subject email bisa menarik perhatian pelanggan untuk membacanya? Anda bisa menemukan rahasianya di artikel berikut ini.

Karena tidak semua subject email marketing mampu diterima oleh calon dan pelanggan Anda, maka Anda perlu memperhatikan bagaimana penulisan dan susunan kata – kata dari subject email yang Anda buat. Terutama untuk media yang jelas berbeda dari biasanya. Subject email juga bisa menjadi alternatif pelanggan mengenal Anda. Karena jika mereka tidak mengenal Anda dari alamat email, maka mereka bisa membedakan dan mengidentifikasi dari subject yang mereka baca. Patut atau tidaknya dibaca email tersebut bisa berasal dari subject yang mereka terima.

3. Jangan lupakan pre-header email Anda

Jika pada media biasanya kita hanya mengenal apa itu header, maka jika di ponsel atau smartphone kita akan menjumpai preheader. Preheader akan membantu pelanggan mengenali email Anda lebih awal dari pada nama pengirim dan subject email. Anda bisa menuliskan sesuatu yang tidak membosankan pada preheader email Anda. Ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan Anda lebih dulu sebelum mereka membaca subject dan nama email Anda.

4. Pastikan ajakan Anda jelas dan mudah ditemui

Jika memang email marketing yang Anda kirimkan memiliki penawaran dan ajakan untuk melakukan sebuah aksi, maka berilah pelanggan Anda petunjuk yang jelas dan mudah untuk ditemui. Ini akan menjadi masalah ketika mereka sulit menemukan petunjuk ajakan tersebut pada ponsel mereka. Sedangkan setiap pelanggan memiliki ponsel yang berbeda – beda ukurannya. Itu sebabnya perlu bagi Anda memastikan petunjuk ajakan tersebut mudah untuk ditemukan.

5. Maksimalkan tampilan atau desain email

Kita tidak akan tahu email marketing yang Anda kirimkan akan dibuka dan diakses dimana oleh pelanggan Anda. Mereka bisa saja membuka di layar PC atau laptop mereka, dan mereka juga bisa membuka email tersebut di perangkat mobile mereka. Ini sangat berpengaruh pada tampilan email yang Anda kirimkan. Anda bisa saja membuat desain email yang menarik, tapi apakah Anda yakin itu responsif dan mampu tampil dengan baik di semua perangkat? Untuk desain email marketing Anda, perlu kiranya untuk melakukan pengujian terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan desain email bisa menarik dan dapat diakses dengan baik di semua perangkat, baik PC/laptop ataupun mobile.

6. Sertakan gambar

Untuk membuat email marketing Anda lebih menarik Anda bisa menyertakan sebuah gambar dalam setiap tampilan email yang Anda kirimkan. Untuk pengguna perangkat mobile pun, mereka bisa saja mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan gambar pada email mereka. Namun untuk pengaturan default, biarkan mereka melihat gambar Anda dengan mudah dan jelas. Ini juga berkaitan dengan kemampuan desain email Anda yang responsif, sehingga mampu tampil dengan baik.

7. Memperhatikan penempatan unsubscribe

Sekalipun melalui media yang lebih kecil ukurannya, element penting seperti tombol unsubscribe harus kita perhatikan. Karena tidak semua email menempatkan tombol ini pada tempat yang tepat dan mudah dijumpai. Terlebih saat email diakses melalui perangkat mobile. Maka sekecil apapun element pendukung pada email marketing Anda, perlu diperhatikan dengan sangat jeli.

Back