news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Alasan Kenapa Hosting Anda Butuh IP Dedicated

Wednesday, 18 May 2016

Masalah yang kerap kali muncul adalah spam dari salah satu user yang menghambat pengguna lain dengan IP yang sama. Solusi dari problem ini adalah memasang IP Dedicated. Yaitu sebuah IP yang dikhususkan untuk hosting anda. Contohnya pada wgchat.com. Selain dengan nama domain, kini wgchat.com juga bisa diakses melaluihttp://101.50.1.30. Beberapa tujuan wgchat.com menggunakan IP dedicated di antaranya:

1. Keamanan halaman wgchat.com bisa ditingkatkan dengan menambahkan sertifikat SSL yang mana aktivasinya butuh IP dedicated.

2. Menjadikan nama domain secara khusus didelegasikan ke satu alamat IP. Sehingga wgchat.com bisa dibuka dengan alamat IP. Apabila wacana RUU SOPA – PIPA yang dulu sempat mencuat di Amerika Serikat jadi direalisasi, maka meski wgchat.com diblokir dari sisi domain, user tetap bisa mengakses alamat IP 101.50.1.30 untuk membuka wgchat.com

3. Tim developer wgchat.com bisa langsung upload file tanpa harus menunggu nama domain resolve dulu setelah pemindahan server.

4. Jika dalam satu kasus nama domain wgchat.com terblokir, Googlebot akan masuk melalui alamat IP 101.50.1.30 untuk melakukan listing terhadap website wgchat.com. IP tersebut menyelamatkan situs wgchat dari penalti Google.

5. Apabila salah satu user melakukan attack/abuse/spam, maka Yahoo / gMail akan memberlakukan blacklist terhadap IP user. Akibatnya user lain yang menggunakan IP tersebut kena banned juga. Dengan IP dedicated, wgchat.com bisa terhindar dari kemungkinan tersebut.

6. IP dedicated sudah lama diperdebatkan sebagai salah satu faktor yang menentukan SERP (Search Engine Result Page). Salah satu pendapat menyebutkan website dengan IP dedicated lebih baik dari sisi SEO sebab kualitas backlink yang lebih baik. Meskipun tidak sedikit yang menyangkal teori ini, menurut kami pendapat ini ada benarnya jika kita merujuk pada 2 poin di atas.

Back