news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Bagaimana Mencegah Email Anda Dianggap Spam

Monday, 27 June 2016

Kenali dulu beberapa penyebab email dianggap sebagai spam.

1. Alamat IP server digolongkan dalam Blacklist

Yahoo, Gmail, dan beberapa layanan lain punya daftar blacklist yang berisi alamat IP yang terindikasi sering melakukan SPAM. Seringkali daftar blacklist ini berisi alamat IP dari layanan shared hosting, karena aktivitas kirim terima email dari banyak akun pengguna server dihitung sebagai satu alamat IP. Apabila ada satu pengguna ‘bandel’ yang melakukan spam, maka pengguna lain (satu IP) akan kena blacklist pula.

2. Isi email kena Filter

Apabila anda mengirimkan email yang mengandung konten berbahaya, penipuan, konten yang dianggap “jorok” atau konten lain yang dianggap mengganggu (seringkali kena bajak karena login yang kurang secure), secara otomatis email anda dianggap oleh spam oleh Spam Filter di beberapa penyedia layanan email, hal ini tentu saja menurunkan reputasi anda sendiri. Maka berhati-hatilah dengan apa yang anda kirimkan, dan berhati-hatilah pada kemungkinan pembajakan akun email.

3. Mengirimkan email secara massal

Broadcast email adalah hal yang paling sering dilakukan oleh spammer, proses pengiriman dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang hampir bersamaan menjadi salah satu penyebab email anda dianggap sebagai Spammer dan sangat wajar jika email anda masuk di folder spam atau bahkan IP server email anda diblacklist. Apabila anda butuh aktivitas broadcast massal seperti ini, anda dapat mempertimbangkan Paket Email Hosting.

Lalu, bagaimana mengatasinya?

1. Pastikan Device anda bebas dari malware

Kadang kita tidak tahu bahwa ternyata email kita mengirimkan email massal yang tidak kita sadari, penyebabnya biasanya karena device yang kita gunakan terjangkit malware dan malware tersebut mengirimkan email massal tanpa anda sadari, yang harus anda lakukan agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan memastikan device anda (pc/laptop/smartphone) terbebas dari malware dengan rajin melakukan scanning virus/malware.

2. Pasang Captcha Pada Halaman Web yang Mengirimkan Email

Segera pasang Captcha pada halaman registrasi, contact us, comment, atau halaman lain yang mempunyai fasilitas pengiriman email, captcha dapat mencegah bot untuk mengirimkan kontent-kontent yang menyebabkan email anda mengirim balasan/notifikasi kunjungan.

3. Pastikan Plugin Website Anda Terpercaya

Pengguna CMS biasanya tidak sadar bahwa plugin/theme yang mereka pasang di website adalah penyebab utama email mereka melakukan spamming, tidak hanya sekedar mengirimkan spam, tapi bisa juga menjadi peluang hacker untuk masuk ke website anda. Sebelum memasang plugin/theme, sebaiknya anda mencari review dahulu untuk memastikan bahwa plugin tersebut aman.

4. Matikan Auto Responder Email

Salah satu fitur yang cukup berguna sebagai tanda bahwa sebuah email diterima ini bisa saja menjadi bomerang bagi email anda sendiri, sebab apabila email anda menerima 100 email dalam waktu 1 jam, maka email anda akan mengirimkan 100 email balasan juga, hal ini bisa saja menjadi penyebab email anda dianggap mengirimkan email massal.

5. Aktifkan Fasilitas Mail Filter/Spam Assassins.

Agar inbox email anda tidak dibanjiri dengan email spam yang berisi konten berbahaya, fitur mail filter ini dapat mencegahnya, bisa saja email yang masuk di inbox anda mengandung malware yang akan membuat email anda mengirimkan sejumlah email spam dan berada dalam lingkaran spam.

6. Rutin Mangganti Password Email

Bisa saja password email anda dibobol oleh orang yang sengaja ingin merusak email anda dan menjadikan email anda sebagai alat untuk mengirim email massal, agar hal tersebut tidak terjadi, rajinlah mengganti password email secara berkala dan menggunakan password email yang tidak mudah ditebak.

7. Gunakan VPS atau Paket Mail Hosting

Apabila anda mempunyai kebutuhkan pengiriman email dalam jumlah yang besar dalam bisnis anda, VPS atau Mail hosting bisa menjadi solusinya agar email anda tidak dianggap spam. VPS (virtual private server) mempunyai dedicated IP yang akan anda gunakan sendiri, sehinggal lebih aman dan terpercaya jika dibandingkan dengan shared hosting, Atau anda bisa menggunakan server email yang terpisah dengan server web hosting anda.

Back