news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Facebook Tambah Fitur Unsend, Cara Pembuktian Jaminan Privasi Pada Publik?

Tuesday, 10 April 2018

Kalau misalkan Anda merupakan seorang pengguna aplikasi whatsapp (yang kemungkinan besar tentu saja menggunakannya, karena nyaris tak seorangpun pengguna smartphone tak menggunakan whatsapp), bisa saja Anda sudah mengetahui fitur unsend atau delete message untuk kalimat, atau foto yang sudah terkirim.

Nah, dari pantauan lewat Tech Crunch, kabarnya fitur unsend ini juga akan segera diaplikasikan pada messenger Facebook.

Facebook berencana untuk mengimplementasikan fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk tidak mengirim pesan.

Berita itu datang karena skandal Cambridge Analytica yang sedang berlangsung. Baru-baru ini, pengguna yang telah berhubungan dengan Mark Zuckerberg dan eksekutif lainnya melalui Facebook mencatat bagaimana beberapa pesan telah dihapus dari riwayat obrolan mereka.

Sementara Facebook saat ini menawarkan alat pesan enkripsi rahasia yang memiliki fitur penghitung waktu berakhir tanpa akhir (lebih lanjut di sini), aplikasi tidak mengizinkan opsi untuk mengirim pesan tanpa henti.

Fitur Unsend Adalah Rantai Kebocoran Data?

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Facebook meminta maaf atas kurangnya transparansi dan mengungkapkan rencana untuk meluncurkan fitur unsend baru di bulan-bulan berikutnya.

"Kami telah mendiskusikan fitur ini beberapa kali," kata juru bicara Facebook kepada TechCrunch. “Dan orang yang menggunakan fitur pesan rahasia kami dalam versi terenkripsi Messenger memiliki kemampuan untuk mengatur timer - dan menghapus pesannya secara otomatis

“Kami sekarang akan membuat fitur unsend yang lebih luas tersedia. Ini mungkin membutuhkan waktu. Dan hingga fitur ini siap, kami tidak akan lagi menghapus pesan eksekutif apa pun. Kami seharusnya melakukan ini lebih cepat - dan kami menyesal karena kami tidak melakukannya. ”

Terkait keberadaan data yang seringkali bocor ataupun kurangnya privasi yang diindikasikan kemudian jadi alat kejahatan oleh sejumlah pihak, memang sejatinya secara teknis fitur unsend belum terlalu menjamin keamanan tersebut.

Tapi setidaknya para pengguna facebook akan jadi merasa lebih aman jikalau pesan yang sudah dikirimkannya lantas bisa diatur supaya tak diketahui sejumlah orang maupun Facebook sendiri.

Back