news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Ingin tahu Software Manage Hosting Selain CPanel? Yuk ketahui disini

Friday, 20 May 2016

Didalam cPanel terdapat fasilitas untuk membuat database, account email, FTP, File manager dan lain lain. cPanel ini tidak gratis, biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar $15 – $20 per bulannya per server. Untungnya masih terdapat beberapa software opensource yang tujuannya mirip dengan cPanel.

Beberapa dari software tersebut adalah:

1. VestaCP

VestaCP adalah panel web gratis untuk distribusi Debian, Ubuntu, RHEL dan CentOS Linux. VestaCP sangat cepat dan ringan dan berfokus pada minimalisme dan kegunaannya.

VestaCP pada proses installasinya akan melakukan installasi “LNAMP stack” sehingga Anda dapat menggunakan Apachec dan Nginx secara bersama-sama. Nginx bertugas untuk melayani semua request konten status, sedangkan untuk konten dinamis akan dihandle oleh Apache. Karena proses handle request yang berbeda tersebut, kecepatan akses yang meningkat dan penggunaan ram pada server yang rendah.

2. Virtualmin

Virtualmin/Webmin adalah software suite dengan versi gratis berlisensi di bawah GPL. Meskipun tidak memiliki visual yang bagus, namun memiliki kekuatan pada pengkonfigurasiannya. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Cadillac yang memungkinkan Anda untuk mengimport backup dari cpanel solusi cadillac panel web gratis, juga memiliki fitur bagus yang memungkinkan kita untuk mengimpor situs dari backup cPanel dengan mudah.

3. AjentiV

Ajenti adalah panel admin server gratis untuk digunakan pribadi. Ajenti merupakan sebuah plugin, sehingga mampu untuk berjalan bersama aplikasi lainnya, misalkan “Pro Stack”. Pro Stack menggunakan PHP5-FPM yang dapat memungkinkan server untuk menggunakan memory kecil meskipun traffic sedang tinggi. Namun kekurangannya adalah membuat beban yang lebih berat ke prosesor.

4. Webuzo

Anda mungkin sudah mendengar tentang Softaculous. Software utama mereka adalah sistem penyebaran script yang memiliki ratusan script di dalamnya (seperti perangkat lunak blog, software forum, game online, dll) dan dapat dikonfigurasi ke cPanel. Webuzo juga produk mereka. Webuzo ini gratis untuk digunakan secara pribadi dan memiliki tampilan yang mirip dengan cpanel.

Panel ini cukup jelas berfokus pada penerapan skrip, tapi itu dapat diabaikan dan hanya menggunakan web admin panel saja.

5. Kloxo-MR

Kloxo-MR adalah panel kontrol bebas dan open source dan merupakan salah satu panel kontrol fitur atas dan paling penuh saya telah mencoba. Selain semua fitur kontrol panel web pada umumnya seperti DNS, Mail, dll, ia juga dilengkapi dengan installer script yang mirip dengan Softaculous/Fantastico yang mendukung lebih dari 100 aplikasi web dan memiliki aplikasi turunan dari HyperVM yang memungkinkan Anda untuk mengubah dedicated server menjadi OpenVZ / lingkungan virtualisasi KVM. Kloxo hanya mendukung CentOS.

Back