news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Perkenalkan NVMe, Teknologi Canggih SSD yang Membuat Pengolahan Data Semakin Cepat

Tuesday, 26 July 2016

Akrab dengan dunia teknologi seperti web hosting, server hosting dan dunia teknologi lainnya, pasti membuat Anda akrab dengan teknologi SSD. Seperti yang kita tahu bahwa SSD sendiri merupakan sebuah pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu HardDisk. Solid State Drive hadir dan menjawab kebutuhan para pengguna perangkat komputer, baik PC maupun Laptop. SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan Nonvolatile memory sebagai media dan tidak lagi menggunakan cakrab magnetis seperti cakram keras konvensional. Ini membuatnya menjadi teknologi penyimpanan data yang dapat membaca, mengolah dan menyajikan data 5 kali lebih cepat dari pada Hard disk biasa.

 

Kebutuhan masyarakat akan proses pengolahan dan penyajian data yang cepat tidak lagi mampu ditampung oleh SSD biasa. Ini membuat lebih dari 80 perusahaan dari seluruh industri bekerjasama menciptakan suatu teknologi baru yang disebut sebagai NVMe.

 

NVMe dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada sebelumnya, atau menangani kecepatan yang sangat tinggi dari sebuah SSD. NVMe sendiri memanfaatkan jalur PCIe untuk menghubungkan SSD ke dalam sistem.

 

Anda bisa melihat perbedaan dari teknologi SSD yang masih menggunakan instruksi AHCI dengan yang menggunakan NVMe.

Yang paling jelas nampak adalah jumlah maksimum dari antrian data yang mampu diterima dan dijalankan oleh NVMe. Jika dalam 1 antrian SSD biasa hanya mampu menampung 32 perintah dalam 1 antrian. Maka NVMe, mampu membuat 64ribu antrian yangmana di dalamnya terdapat 64ribu perintah per antriannya. Ini membuat NVMe mampu mengeksekusi 65.536 antrian perintah secara bersamaan, jauh lebih banyak dibandingkan ACHI dan lebih cepat.

 

Nah, jika sudah membaca mungkin Anda akan bertanya-tanya apakah ini bisa diaplikasikan untuk website saya? Tentu saja bisa. Karena NVMe akan digunakan untuk membuat server hosting suatu provider menjadi lebih cepat dalam mengolah dan menampilkan data yang diminta. Itu sebabnya, NVMe digadang-gadang akan menjadi teknologi canggih yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi cepat dan tepat. Lalu bagaimana menurut Anda?

Back