news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Seperti Apa Sebenarnya Topologi Jaringan Itu?

Friday, 23 March 2018

Buat Anda yang belum terlalu memahami apa itu topologi, topologi jaringan adalah pengaturan dari berbagai elemen (secara bahasa, bisa berarti tautan, simpul, dll.) dari suatu jaringan komunikasi.

Topologi jaringan adalah struktur topologi jaringan dan dapat digambarkan secara fisik atau logis. Ini adalah aplikasi teori grafik di mana perangkat komunikasi dimodelkan sebagai node dan koneksi antara perangkat dimodelkan sebagai tautan atau garis antara node.

Topologi fisik adalah penempatan berbagai komponen jaringan (mis., Lokasi perangkat dan pemasangan kabel), sedangkan topologi logis menggambarkan bagaimana data mengalir dalam jaringan. Jarak antara node, interkoneksi fisik, tingkat transmisi, atau jenis sinyal mungkin berbeda antara dua jaringan yang berbeda, namun topologinya mungkin identik.

Topologi fisik jaringan adalah perhatian khusus dari lapisan fisik model OSI. Topologi jaringan dapat digunakan untuk mendefinisikan atau menggambarkan pengaturan berbagai jenis jaringan telekomunikasi, termasuk jaringan radio perintah dan kontrol, fieldbusses industri, dan jaringan komputer.

Contoh topologi jaringan ditemukan di jaringan area lokal (LAN), instalasi jaringan komputer umum. Setiap simpul di LAN memiliki satu atau lebih hubungan fisik ke perangkat lain dalam jaringan; Pemetaan grafis link ini menghasilkan bentuk geometris yang dapat digunakan untuk menggambarkan topologi fisik jaringan.

topologi jaringan

Berbagai topologi fisik telah digunakan di LAN, termasuk ring, bus, mesh dan star. Sebaliknya, pemetaan arus data antar komponen menentukan topologi logis dari jaringan. Sebagai perbandingan, Controller Area Networks, yang umum di kendaraan, terutama merupakan jaringan sistem kontrol terdistribusi dari satu atau lebih pengendali yang saling berhubungan dengan sensor dan aktuator, selalu, merupakan topologi bus fisik.

dua kategori dasar topologi jaringan ada: topologi fisik dan topologi logis.

Tata letak medium transmisi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat adalah topologi fisik dari jaringan. Untuk media konduktif atau serat optik, mengacu pada tata letak pemasangan kabel, lokasi simpul, dan hubungan antara node dan kabel.

  • Topologi fisik suatu jaringan ditentukan oleh kemampuan perangkat dan media akses jaringan, tingkat kendali atau toleransi kesalahan yang diinginkan, dan biaya yang terkait dengan pemasangan kabel atau sirkuit telekomunikasi.
  • Sebaliknya, topologi logis adalah cara sinyal bertindak pada media jaringan, atau cara data melewati jaringan dari satu perangkat ke perangkat berikutnya tanpa memperhatikan interkoneksi fisik perangkat.

Topologi logika jaringan tidak harus sama dengan topologi fisiknya. Sebagai contoh, Ethernet twisted pair asli menggunakan hub repeater adalah topologi bus logis yang dilakukan pada topologi bintang fisik.

 

Back