news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Begini Pengertian Domain dan Fungsinya

Friday, 23 March 2018

Nama domain sebetulnya secara singkat bisa dianggap sebagai nama situs web Anda.  Nama domain adalah alamat tempat pengguna Internet dapat mengakses situs web Anda dan secara lokasi, nama domain biasa digunakan untuk menemukan dan mengidentifikasi komputer di Internet.

Ketika mengacu pada alamat Internet, domain atau nama domain adalah lokasi situs web. Misalnya, nama domain "google.com" menunjuk ke alamat IP "216.58.216.164", tetapi umumnya lebih mudah untuk mengingat nama daripada string panjang berbentuk angka. Nama domain dapat berupa maksimal enam puluh tiga karakter dengan satu karakter minimum, dan dimasukkan setelah protokol di URL.

Komputer menggunakan alamat IP, yang merupakan serangkaian nomor. Namun, sulit bagi manusia untuk mengingat rangkaian angka. Karena itu, nama domain dikembangkan dan digunakan untuk mengidentifikasi entitas di Internet daripada menggunakan alamat IP.

Nama domain dapat berupa kombinasi huruf dan angka, dan dapat digunakan dalam kombinasi berbagai ekstensi nama domain, seperti .com, .net, dan banyak lagi.

Nama domain harus terdaftar sebelum Anda dapat menggunakannya. Setiap nama domain adalah unik. Tidak ada dua situs web yang dapat memiliki nama domain yang sama.

Nama domain digunakan untuk mengidentifikasi satu atau lebih alamat IP. Misalnya, nama domain microsoft.com mewakili sekitar selusin alamat IP. Nama domain digunakan dalam URL untuk mengidentifikasi halaman Web tertentu. Setiap nama domain memiliki akhiran yang menunjukkan domain tingkat teratas (TLD alias Top Level Domain) miliknya. Hanya ada sejumlah domain seperti itu. Sebagai contoh:

  • gov - Lembaga pemerintah
  • edu - Institusi pendidikan
  • org - Organisasi (nonprofit)
  • mil - Militer
  • com - bisnis komersial
  • net - Organisasi jaringan
  • ca - Kanada
  • th - Thailand

pengertian domain

Karena Internet didasarkan pada alamat IP, bukan nama domain, setiap server Web memerlukan server Nama Domain (DNS) server untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP.

Ketika memutuskan nama domain, ide yang bagus untuk membuatnya tetap sederhana, sesuatu yang mudah diingat. Terutama domain Anda harus juga mengandung apa yang Anda muat dalam website bisnis Anda. Supaya apa yang menjadi judul kemudian bisa identik nama website Anda. Agak kurang bijaksana misalnya, jika Anda berbisnis pupuk tapi menggunakan nama icecream(dot)com, sebagai contoh.

Kemudahan dalam dikenali dan kesederhanaan dalam memilih domain serta ekstensi di bagian belakang juga akan sangat menentukan bagaimana website Anda terindeks google. Nantinya juga akan menentukan seberapa mudah website Anda ditemukan oleh para konsumen.

Back