news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Perbedaan TCP dan IP, Begini Penjelasannya

Friday, 23 March 2018

Kalau misalkan Anda merupakan seorang pekerja di bidang IT dan computer, kemungkinan pasti akan paham dengan istilah-istilah teknis seperti TCP/IP, DNS dan sebagainya. Lantaran memang sebagai pekerja IT, terms yang demikian memang sudah wajib untuk diketahui. Lantas bagaimana dengan orang yang pengetahuannya tidak berada di dunia IT dan belum mengetahui apa perbedaan TCP dan IP?

Secara sederhana bisa dijelaskan dengan detail berikut ini. Dan dari perspektif yang singkat, TCP yang memiliki kepanjangan Transfer Control Protocol adalah salah satu protocol utama dalam internet dan transfer data. Sementara di sisi lain IP berarti Internet Protocol adalah protocol dari internet yang berfungsi sebagai label numeric yang menggunakan angka-angka sebagai alamat yang harus dituju dari satu computer.

Keduanya sering diidentikkan dalam satu tempat lantaran memang di pengaturan computer sering dijumpai keberadaan tulisan dari dua singkatan tersebut pada satu frame yakni TCP/IP. Namun ternyata ada sejumlah perbedaan mendasar dari segi fungsi maupun pengertian.

perbedaan tcp dan ipTCP

Transfer Control Protocol pada computer yang saling terhubung satu sama lain memiliki fungsi sebagai kendali protocol utama untuk identitas dari masing-masing computer. TCP berfungsi untuk menyediakan komunikasi yang rapi pada dunia maya dan computer yang saling terhubung dalam bentuk stream oktet.

Pada fungsionalitasnya, TCP memang tidak selalu bergantung pada kecepatan tapi pada kualitas kiriman. Dengan metode handshake, biasanya TCP akan bekerja memastikan bahwa semua yang terkirim maupun diterima tanpa mengalami corrupt. Karena memang harus ada persetujuan dari dua belah pihak dan TCP juga berfungsi untuk menjamin data terkirim dan diterima dengan baik.

TCP tidak mengandalkan kecepatan seperti adanya UDP.  Biasanya beberapa item yang menggunakan basis kecepatan adalah audio upstream dan video upstream karena memang membutuhkan kecepatan dan kapasitas yang besar.

Beberapa aplikasi yang menggunakan TCP antara lain adalah HTTP, HTTPS, SMTP, POP3, IMAP, IMAP,SSH, FTP, Telnet.

IP

Agak berbeda dengan TCP, IP yang berarti Internet Protocol merupakan identitas individu yang berbentuk angka. Singkatnya, setiap individu seperti computer, printer, handphone memiliki IP sebagai KTP yang nantinya akan dikenali oleh internet serta server.

Selain sebagai pengenal dan identitas dari computer maupun router dan gawai yang lainnya, IP juga bisa berfungsi sebagai penanda lokasi darimana sebuah device tersebut diaktifkan.

Pada dasarnya IP merupakan satu bentuk identitas yang ukuran hitungnya adalah bilangan biner. Namun supaya lebih bisa mudah untuk dipahami oleh manusia, maka ada konversi yang membuatnya jadi 4 bagian. Seperti pada kasus 192.168.1.1.

Alamat IP sendiri dibagi menjadi 5 cluster yang masing-masing punya fungsinya sendiri yakni dengan abjad A, B, C, D dan E. kelompok A biasanya dipergunakan untuk network yang berskala kecil, B dan C menyusul dengan skala yang lebih besar. Sementara IP golongan D dan E umumnya bersifat eksperimental.

Back