news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Punya Startup? Sudah Melalui Tantangan Ini untuk Bisa Sukses

Tuesday, 26 July 2016

Anda sedang merintis startup bisnis? Kami tahu saat ini anda dalam tahap menuangkan seluruh kreatifitas anda. Namun seperti yang kita tahu, setiap bisnis pasti akan mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnisnya. Sebagai antisipasi, berikut tim mebiso merangkum 5 tantangan yang sering dihadapi startup bisnis saat mengembangkan usahanya:

1. Sepinya pasar

Sepinya pasar biasanya menjadi alasan startup akhirnya gagal menjalankan usahanya. Setelah diteliti kebelakang, ada proses dimana riset target pasar yang seharusnya dilakukan terlupakan oleh startup. Target pasar adalah prediksi awal keberhasilan startup anda, bila target pasar kurang positif, alangkah baiknya anda berinovasi lebih.

2. Kesalahan model bisnis

Hal ini juga sering menjadi penyebab gagalnya startup. Model bisnis harus anda rancang dengan matang. Ada beragam jenis bisnis model, salah satunya mungkin bisnis model canvas yang juga tim mebiso terapkan dan berhasil.

3. Lemahnya team yang Mengelola

Meskipun Anda merasa startup Anda masih tergolong skala kecil, jangan meremehkannya. Team yang membantu Anda haruslah team yang solid dan memiliki visi serta misi yang sejalan dengan startup Anda. Karena team adalah penggerak pikiran Anda. Sekarang lebih selektiflah merekrut team.

4. Rendahnya cashflow

Tak dipungkiri dana juga berperan penting untuk menggerakkan startup Anda, minimal untuk biaya iklan. Nah biasanya disini letak kesalahan startup, mereka terlalu menggebu-gebu tanpa memperhatikan cashflow hingga akhirnya menyadari cashflow rendah. Ini sangat membahayakan. Tetaplah konsisten mengendalikan cashflow yang positif.

5. Salah menentukan produk

Kesalahan ini terkadang tidak disadari oleh startup. Mereka menganggap produk yang mereka tawarkan adalah yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pembeli. Padahal itu masih sebatas asumsi. Untuk itu penting bagi Anda untuk memvalidasi asumsi Anda kepada beberapa orang apakah produk Anda tersebut diinginkan atau dibutuhkan sebelum akhirnya Anda luncurkan.

 

Back