news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Sejarah tempat lahirnya 3 perusahaan startup tersukses dunia!

Thursday, 29 September 2016

startup memang memerlukan waktu untuk berkembang pesat dan untuk menjadi sukses, memang tidak ada cara yang instan untuk meraihnya, termasuk 3 perusahaan startup terkenal yaitu google, youtube dan facebook. 3 perusahaan ini lahir dan memunculkan ide2 startup nya agar berkembang dari tempat yang tidak kalian duga. berikut adalah sejarah tempat lahirnya 3 perusahaan startup tersukses dunia!.

1. google

Wojcicki mengisahkan kembali bagaimana awal pendiri Google mengembangkan perusahaan yang bermula dari garasi kecil itu.


"Pada 1998, Sergey dan Larry adalah yang pertama mendapatkan dana dan mereka mencari ruang kantor," ungkapnya. Sebagai teman, Wojcicki kemudian merasa perlu meminjamkan garasi rumahnya yang kala itu akan digadaikan. Dia berinisiatif membenahi garasi rumahnya agar dua pendiri Google itu tertarik. 


Singkat cerita, dua pendiri itu akhirnya mau menempati garasi yang terbilang sempit itu, tak lebih dari 20 meter persegi. Selang lima bulan, tim awal Google membutuhkan ruang yang lebih besar. Di saat itu pula kebutuhan karyawan juga bertambah. Wojcicki pun direkrut Google. 


Menandai sejarah itu, Google mengumumkan pengembangan teknologi pencarian. Google telah meningkatkan mesin pencarian dengan memperkenalkan pencarian berbasis algoritma dengan kode nama Hummingbird, serta desain ulang pencarian untuk mobile.

 

2. youtube

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yang sebelumnya bekerja di PayPal, Sebuah situs pembayaran online. Awalnya Hurlay dan Chen mengembangkan ide YouTube di awal tahun 2005 setelah mereka mengalami kesulitan berbagi video pesta makan malam di apartment Chen di San Francisco, Amerika Serikat.
Seperti kebanyakan prusahaan startup, awalnya YouTube mulai dikembangkan dari sebuah sebuah garasi mungil. Kemudian setelah 6 bulan berjalan, mereka pun mendapatkan suntikan dana investasi sebesar 11,5 juta dari Squoia Capital.
Nah,Dengan dana itu YouTube pun memulai strategi teknologi dan bisnisnya dengan membuat kantor berukuran kecil di atas sebuah restoran Pizza dan restoran Jepang di San Mateo, California dengan domain bernama www.youtube.com.

Video pertama kali yang diunggah ke YouTube berjudul Me at the Zoo, Video tersebut milik salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim di San Diego Zoo pada hari Sabtu, 23 April 2005 jam 20.27 waktu San Francisco, Amerika Serikat.


Nah, video pertama yang berdurasi 19 detik tersebut ternyata masih ada sampai saat ini dan sudah dilihat lebih dari 29 juta kali. Dahsyat, kan!

 

3. facebook

Awal mulanya Facebook hanya sebagai Website sosial antara sesama teman kelasnya di Harvard University, Tetapi setelah ia membuat Website tersebut, ternyata semakin banyak orang yang tergabung didalamnya Sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, Mereka pertama kali mengembangkan website di Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University.


Namun tahukah Anda bahwa Facebook awalnya diciptakan di sebuah kamar asrama kecil di Universitas Harvard, sebelum akhirnya sekarang menjadi media sosial raksasa didunia dan memiliki kantor super mewah. 


Walaupun kamar tersebut pernah ditempati oleh Mark Zuckerberg yang saat ini begitu populer dan sukses, namun Harvard tidak mengistimewakan kamar tersebut. Selain itu tidak juga terdapat tanda-tanda kalau kamar bersejarah tersebut adalah saksi dari lahirnya Facebook. Disamping itu memang Harvard banyak sekali melahirkan orang-orang ternama selain Mark Zuckerberg. 

 

gimana menurut kalian guys? tetap semangat dan sukses selalu yaa.

Back