news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Setting Addon Domain

Monday, 23 May 2016

Apakah Addon Domain?
Sebuah domain addon adalah domain baru (anggap Domain B) yang ditambahkan tepat pada direktori utama dari domain utama (anggap Domain A). Domain B membuat sub direktori di dalam hosting Domain A, tetapi bisa menampilkan website yang berbeda dari Domain A. To make it simple, kami contohkan Domain B akan menuju ke website Domain B dan Domain A maka akan menuju ke tampilan website Domain A.

Definisi Addon Domain sebenarnya adalah merupakan domain tambahan yang berada pada satu space lahan hosting domain utama namun mengarah ke website yang berbeda dari domain utama.

How it works?
Fitur Addon Domain membuat sub direktori dalam hosting domain utama, dan tampilan yang diload dari domain addon jika diakses adalah file-file yang berada dalam sub direktori yang telah dibuat oleh fitur Addon Domain.

Dikarenakan Addon Domain merupakan bagian dari sub direktori dari hosting domain utama, maka domain addon memakan resource (space dan bandwidth) milik domain utama, karena domain addon tidak memiliki cpanel sendiri.

Bagaimana mulai menggunakan Addon Domain?
Pada cpanel, anda akan menemukan fitur Addon Domains yang mana merupakan tool yang digunakan untuk menambah, memforward dan menghapus domain addon.

Berikut adalah langkah-langkah menambah, memforward dan menghapus Addon Domain dari Jagoan Hosting Indonesia:

  • Register nama domain baru yang ingin difungsikan sebagai domain addon
  • Arahkan Name Server domain addon sesuai dengan NS domain utama
  • Silakan menunggu hingga waktu resolve selesai, sekitar 24 hingga 2 x 24 jam
  • Atau bisa langsung login ke cpanel dan mengklik pada menu Addon Domain
  • Isi field berikut dengan informasi domain addon :
    New Domain Name: SiteB.com (tidak perlu menambahkan http:// atau www)
    Username/directory/subdomain Name: otomatis meng-create setelah anda memasukkan informasi Domain Name diatas
    Password: Masukkan password yang anda inginkan. Dipergunakan nanti untuk upload data menggunakan FTP
  • Klik tombol  ‘Add Domain
  • Jika anda mendapati pesan successfully, maka domain addon anda saat ini sudah bisa dipergunakan. Silakan login ke cpanel domain utama, dan melakukan upload data-data yang diperlukan dalam sub direktori /domainB tepat didalam direktori public_html folder. Anda juga bisa memforward domain addon ke domain lain dengan cara memilih Setup Redirection, lalu masukkan domain tujuan forward tadi. Menghapus redirection domain dengan cara mengklik Remove Redirection
  • Addon Domain bisa dihapus dengan mengklik Delete domain!

 

Apakah Addon Domain merupakan solusi terbaik menurut anda? coba pertimbangkan lagi dengan membaca artikel berikut, klik disini, mengenai kelebihan dan kekuarangan domain.

Selamat mencoba :)

Back