news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

8 Fitur Terbaru Wordpress 4.7 yang Membuat Website Anda Semakin Menakjubkan

Wednesday, 07 December 2016

Sebagai platform CMS yang paling banyak digunakan di dunia, Wordpress selalu mengupdate versinya secara berkala, mulai dari penambahan fitur hingga perbaikan pada sisi keamanan

Beberapa jam lalu Wordpress telah resmi meluncurkan update versinya menjadi Wordpress 4.7. Yang sebelumnya masih dirilis dalam versi beta.

Disadur dari wpbeginner.com, dalam artikel ini akan dijabarkan beberapa update pada Wordpress 4.7

 

Twenty Seventeen – A New Default Theme

Ada perubahan yang cukup signifikan dari tema default bawaan Wordpress.

Sudah menjadi tradisi dari Wordpress untuk meluncurkan default theme setiap tahunnya. Dengan nama tema yang disamakan tahun rilisnya. Tema baru Twenty Seventeen (2017)

Dilihat dari desain temanya sendiri, tampilan yang baru ini lebih mengarah ke website bisnis daripada untuk blog. Walaupun seperti itu, template ini masih cocok untuk digunakan sebagai web blog.

Dominasi layar penuh foto/video dan teks menjadi point utama dari header template ini. Template yang responsive, membuat tampilannya tetap cantik dalam semua device.

 

Video Header Support in WordPress 4.7

Wordpress 4.7 juga telah mendukung template dengan fitur header video bawaan. Tinggal cari saja template gratis atau berbayar, yang sudah mendukung header video. Pengguna wordpress dapat mengupload sendiri videonya, atau video dapat di embed dari Youtube.

Tapi untuk rekomendasi, sebaiknya gunakan embed video dari youtube. Karena jika video langsung diambil dari hosting maka akan memberatkan sisi server. Kemudian pengakses wesbite tersebut juga harus terlebih dahulu mendownload videonya.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel berikut untuk mengetahui kenapa Anda tidak boleh mengupload video di hosting Wordpress.

 

Starter Content Support for Themes

Beberapa template Wordpress premium mendapat konten starter ketika membeli template tersebut. Kegunaannya sendiri adalah untuk mengisi website dengan dummy konten, yang kemudian dapat dia edit sesuai dengan keinginan.

Nah, dalam wordpress 4.7 fitur tersebut juga disematkan dalam template Twenty Seventeen. Jadi secara otomatis jika wordpress di Install, maka dummy konten tersebut akan langsung terisi pada website.

Starter content wordpress ini dapat diakses dalam menu theme customizer pada panel admin wordpress

 

PDF Previews in WordPress 4.7

Wordpress 4.7 dapat menampilkan thumbnail dari file PDF yang diupload pada media library. Sebelumnya, ketika file PDF ditambahkan ke dalam Wordpress, file tersebut hanya akan menampilkan icon document biasa. Pengguna wordpress harus menambahkan plugin khusus untuk memunculkan preview dari file PDF tersebut.

Fitur ini akan menyimpan gambar dari halaman pertama dari file PDF ketika diupload. Kemudian gambar ini akan disimpan dalam beberapa ukuran dan akan tampil di media library, media upload popup, dan pada halaman attachment.

 

Edit Shortcuts in Customizer Preview

Wordpress 4.7 juga membawa fitur “Edit Shortcut” pada customiser preview. Tombolnya berupa icon edit bulat warna biru yang terletak pada editable content pada template ketika dipreview secara live.

Fitur ini akan sangat membantu pengguna wordpress untuk mengedit konten secara cepat hanya dengan klik pada element yang akan di edit.

Jangan terkejut juga jika fitur ini tidak mencul pada beberapa template yang Anda install. Karena fitur baru ini juga masih support bebrapa template bawaan dari Wordpress.

 

Add Custom CSS in Live Preview

Terkadang ada keinginan untuk menambahkan CSS di website Wordpress yang terinstall. Jika sebelumnya user harus menambah custom CSS pada template atau CSS child theme. Pada Wordpress 4.7 ada fitur baru yang mengijinkan mengguna menambahkan langsung CSS menggunakan Customizer dan menampilkan perubahannya secara langsung.

 

Admin Language Control

Wordpress 4.7 mengijinkan penggunanya untuk berpindah bahasa pada halaman admin langsung dari profil user. Sebelumnya user tetap harus menginstall bahasa yang diinginkan sebelumnya menggantinya

 

Editor Improvements in WordPress 4.7

Post editor dari Wordpress 4.7 juga tidak ketinggalan. Update berfokus pada sisi kemudahan pemakaian editor, karena post editor sendiri adalah element yang paling sering digunakan oleh user untuk membuat konten.

Bagian paragraf dan pilihan heading sekarang tampil di bagian atas pada bagian atas menu editor. Tombol underline dihilangkan, kemudian tombol teks-tercoret dan garis horisontal dipindahkan ke dalam bagian sink bar

 

Nah itu tadi 8 fitur utama pada update wordpress versi 4.7.

Sekarang saatnya Anda untuk mencoba versi terbaru dari Wordpress. Tapi, jangan lupa backup terlebih dahulu Wordpress Anda. Hal ini mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan Anda bisa langsung merestorenya kembali.

Jika hosting yang Anda gunakan saat ini masih belum memberikan support dalam melindungi data penting di Wordpress, maka ini saatnya Anda mulai menggunakan Hosting Khusus Wordpress dari Beon. Saat Anda menggunakan Wordpress hosting dari Beon, Anda tak perlu khawatir masalah tersebut. Karena secara otomatis engine Wordpress akan update ketika muncul versinya yang terbaru.

Wordpress hosting dari Beon tidak hanya menyediakan fitur dari sisi backup data Wordpress. Ada beberapa fitur penting yang pastinya dibutuhkan untuk mengelola website Wordpress. Nah, untuk selengkapnya Anda bisa melihat informasinya di sini.

Source: http://www.wpbeginner.com/news/whats-new-in-wordpress-4-7/

 

Back