news

News

Berita terbaru tentang BEON Intermedia Group

Cara Efektif Membangun Branding Sosial Media

Thursday, 22 February 2018

Membangun branding sosial media

 

Selama ini banyak sekali pengguna sosmed yang tidak mementingkan masalah branding sosial media. Sebenarnya banyak sekali keuntungan membangun branding sosial media, beberapa keuntungan yang bisa didapat antara lain:

 

  •  Mudah diingat

Dengan adanya karakter yang jelas, maka pengguna internet bisa dengan mudah mengingat akun kita! Seperti yang terjadi pada beberapa media online di Indonesia, tampak sekali mereka punya karakter masing-masing dan kita dengan mudah mengingat.

 

  • Pasar yang tepat

Dengan menggunakan bahasa komunikasi yang khusus, maka kita dapat memperoleh target pasar yang tepet karena bisa kita sesuaikan dengan gaya bahasa target pasar yang kita ingin. Bila sudah mempunyai follower yang tepat, penjualan produk juga akan semakin tepat sasaran.

 

  • Lebih dipercaya

Dengan bahasa komunikasi yang tepat sasaran, maka pelanggan akan merasa mudah percaya karena seolah sedang berkomunikasi atau bertransaksi dengan rekan yang se-umuran.

 

Untuk membangun branding sosial media, diperlukan sekali strategi yang matang dan gambaran jangka panjang. Seandainya sosial media perusahaan atau bisnis Anda belum terbentuk, maka Anda bisa membentuknya mulai dari sekarang dengan mempersiapkan karakter berikut.


 

1. Tujuan

Sebelum membangun branding sosial media, tentunya diperlukan penentuan tujuan untuk apa Anda membuat sosial media. Sehingga Anda tetap berjalan pada jalur yang tepat.

Contoh tujuan dalam membangung personal branding sosial media adalah:

 

branding sosial media

 

Dengan adanya pilihan di atas, coba ingat kembali tujuan Anda membangun sosial media perusahaan, bisnis atau persoanal Anda. Sebaiknya mulai pilih tujuan Anda di atas sebelum memulai ke materi selanjutnya

 

2. Pemilihan Karakter

Pemilihan karakter disini mempunyai banyak pilihan, sebaiknya Anda memperhatikan Audience atau target pasar terlebih dahulu  sebelum memihlih karakter dan harunya sesuai tujuan Anda dalam menggunakan sosial media.

Beberapa pilihan karakter dalam personal branding sosial media antara lain:

 

branding sosial media

 

Selanjutnya pilih karakter yang Anda ingin dari tabel di atas. Bila Anda sudah memilih karakter branding sosial media Anda, maka Anda sudah mempunyai tujuan dan juga karakter sosial media yang sudah Anda pilih! Bagaimana hasil gabungan pilihan Anda? Apakah sudah mulai terbayang tentang personal branding Anda dari bahan Tujuan dan Karakter?

 

3. Pemilihan Bahasa

Selanjutnya, setelah mempunyai tujuan dan karakter, sosial media anda juga butuh pemilihan bahasa setiap akan berkomuniasi atau menyebarkan informasi kepada follower atau pasar Anda! Setelah memilih Tujuan dan karakter, sebaiknya Anda memilih Bahasa pada tabel dibwah ini!

 

branding sosial media

 

Maka sekarang Anda sudah mempunyai bekal personal branding sosial media berupa Tujuan+Karakter+Bahasa. Bagaimana sudahkah semakin jelas tentang membangun bisnis sosial media Anda? Namun perlu satu lagi faktor untuk membangun branding sosial media Anda Beoners! Namun sebelum lanjut ke poin selanjutnya, bila Anda merasa ini sangat bermanfaat ada baiknya setelah membaca Anda melakukan share untuk Artikel satu ini!

 

4. Pemilihan Gaya Bicara

Selanjutnya adalah tambahan mengenai gaya bicara. Dalam membangun personal branding sosial media, gaya bahasa merupakan faktor yang sangat penting ditentukan dan menjadi fakor kenyamanan user atau follower Anda saat berkomunikasi dengan sosial media bisnis atau personal Anda. Selanjutnya setelah memilih Tujuan+Karakter+Bahasa, tinggal menambah sentuhan akhir yaitu Gaya Bicara.

Pilih Gaya Bicara seperti tabel dibawah ini Beoners:

 

branding sosial media

 

Bagaimana Beoners sudah menemukan pilihan dari keempat faktor di atas tentang karakter sosial media Anda? Bila belum menemukan, coba ulang dari pilihan tabel dari poin satu sampai dengan empat. Bila dicontohkan Anda akan mendapat hasil seperti ini:

 

Sosial media toko jaket online:

Maka akun sosial media toko online Anda mempunyai tujuan Ajakan(membeli) karakter Profesional dengan bahasa Santai dan komunikasi gaya bicara Anak Muda.

 

Kembali lagi Beoners, pilihan tabel-tabel diatas juga menetukan konten yang akan Anda upload di sosial media, caption dan juga bahasa saat mendapat chat personal. Dengan ini Anda menemukan cara yang akurat untuk membangun persoanl branding akun Anda. Selamat suskses membangun bisnis Anda Beoners!

 

Baca Juga: Cara Membuat Konten Populer Untuk Website Anda.

Cara Membuat Website E-commerce Lengkap Siap Bisnis

 

By: Firman

Back